Breaking

Post Top Ads

Wednesday, March 27, 2019

Manfaat Tidur 8 Jam Sehari, Bisa Terlihat Lebih Muda


Ferdychau.com - Tidur merupakan salah satu bagian dari siklus alami manusia, kenyataan manusia membutuhkan tidur yang cukup untuk menjaga kebugaran adalah hal yang tak dapat dipungkiri. Menurut pakar kesehatan tidur dengan rentang waktu 7-8 jam perhari sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, menurut Alodokter.com ternyata tidur yang cukup juga bisa bermanfaat bagi kecantikan. Apa saja manfaat tidur bagi tubuh? Berikut beberapa diantaranya:


1. Terlihat Lebih Muda

Saat tubuh memperoleh tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi kolagen dan sel pertumbuhan yang berfungsi memperbaiki sel dan jaringan kulit. Sebaliknya, jika kekurangan tidur mata bisa terlihat bengkak dan kulit pun terlihat pucat. Jika hal ini terjadi terus menerus tentu akan menyebabkan mata panda dan kulit keriput. Tidak hanya itu, kurang tidur terus menerus dapat menghasilkan hormon stres kortisol yang menghancurkan kolagen dalam tubuh sehingga anda akan tampak lebih tua.

2. Membuat Lebih Panjang Umur

Richard Shane, seorang psikoterapis asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa waktu tidur ternyata berhubungan langsung dengan kesehatan dan umur Anda. Seperti yang Anda tahu, waktu tidur yang direkomendasikan sebenarnya adalah antara tujuh hingga sembilan jam setiap harinya. Penelitian yang ia lakukan terhadap para dewasa menunjukkan bahwa waktu tidur yang singkat, yakni enam jam atau kurang, ternyata meningkatkan risiko kematian hingga 12%.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Ketika kita sedang tidur otak memproses emosi dan merespons dengan cara yang benar ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, jika kurang tidur reaksi emosi kita cenderung negatif. Jika hal ini terjadi terus menerus tentu akan menciptakan gangguan suasana hati. Anda memiliki risiko 5x lipat lebih besar mengalami stres dan depresi.

4. Berat Badan Stabil

Tubuh mempunyai hormon leptin dan ghrelin yang berperan dalam regulasi berat tubuh. Leptin berfungsi memberikan sinyal ke otak ketika perut sedang lapar maupun kenyang. Oleh karena itu, jika anda kurang tidur anda akan cenderung merasa lapar bahkan menginginkan makanan dengan kadar lemak dan kalori tinggi. Memperoleh tidur yang cukup tentu akan membuat hormon leptin dan ghrelin lebih terkontrol sehingga bisa mengatur nafsu makan anda. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

5. Otak Lebih Tajam

Tidur memegang peran penting dalam fungsi otak terkait daya ingat dan memori otak serta proses pembelajaran tentang hal baru. Sebaliknya jika kurang tidur anda akan sulit untuk berkonsentrasi, fokus dan melakukan pembelajaran tentang hal baru. hal ini bertambah parah jika anda kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang, fungsi otak akan menurun dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyimpan memori baru sehingga fungsi otak terkait memori akan tumpul.

5 comments:

  1. Kalo kurang dari 8 jam gimana gan?
    atau lebih, misalnya sampe 10 jam?
    saya jarang tidur 8 jam-an soalnya, hiks

    ReplyDelete
  2. Kurang tidur emang terasa banget badan pada gak enak semua, apalagi bagian mata, perih. Mata panda dah pasti, keruput apalagi ya, setuju banget. Nice info.

    ReplyDelete
  3. Ah tulisan ini menampar saya banget. Saya pengidap insomnia parah. Tidur itu paling cuma lima jam setiap hari. Sedih banget.

    Kurang tidur ini kerap buatku kurang produktif, jadi cepat lupa juga. Do i need doctor now? hiks

    ReplyDelete
  4. Jgn2 sering kurang tidur di dua tahun ini adlh sebab mata pandaku ttp bertahan ��
    Sulit tp mau 8 jam sejak punya anak..huhuu..

    ReplyDelete
  5. rata rata sih sy tidur 8 jam sehari
    tp kadang ada juga yang kurang
    seperti malam ini nih hehehe
    yg jelas mmg klu kurang tidur apalagi esoknya kerja jadi malas kerja kan ngantuk hehehe

    ReplyDelete

Post Top Ad

Pages