Breaking

Post Top Ads

Monday, March 26, 2018

Algoritma dan Struktur Data

Algoritma dan Struktur Data - Para ahli bahasa menemukan kata algorism berasal dari nama cendikiawan muslim yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarijmi (Al-Khuwarijmi dibaca oleh orang Barat menjadi algorism) dalam bukunya yang berjudul Kitab Aljabar Wal-muqabala, yang artinya “Buku Pemugaran dan Pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita memperoleh kata “aljabar” (algebra). Perubahan dari kata algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm.

  • Definisi Algoritma
Algoritma adalah prosedur langkah demi langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data dan penalaran otomatis yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam pemrograman algoritma dibutuhkan karena menjadi dasar logika dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah suatu program. (Sumber:Wikipedia)


Algoritma Menurut Para Ahli?

          Menurut Thomas H. Cormen (2009:5), Algoritma adalah prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian di proses sebagai output sehingga algoritma merupakan urutan langkah komputasi yang mengubah input menjadi output.
       Menurut Suarga (2012:1), Algoritma adalah suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya. instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbata. 
          Menurut  Donald  E.  Knuth dalam Rinaldi Munir dalam Andi Nugroho (2011:10),  algoritma  dalam  pengertian  modern mempunyai kemiripan dengan istilah  resep,  proses, metode, teknik, prosedur, rutin. Algor itma  adalah  sekumpulan  aturan-aturan  berhingga  yang  memberikan  sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

  • Contoh Algoritma Sederhana
Contoh algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
  1. Mulai
  2. Tentukan nilai x
  3. Hitung nilai y = 3x + 8
  4. Cetak nilai x dan y
  5. Selesai
Note: algoritma selalu diawali dengan "Mulai" dan diakhiri dengan "Selesai".
Algoritma tidak hanya digunakan dalam matematika dan pemrograman saja melainkan dalam kehidupan sehari-hari kita pun memerlukan algoritma seperti contoh: algoritma memasak mie instant, algoritma mencuci pakaian dll.

  • Penyajian Algoritma
Secara garis besar penyajian algoritma dibagi menjadi dua yakni tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu dan pseudocode. Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar yakni dengan flowchart. Flowchart adalah bagan (chart) yang menunjukan alir (flow) suatu program.

Gambar 1 Simbol Flowchart
  • Ciri-Ciri Algoritma
Adapun ciri-ciri algoritma adalah sebagai berikut
  1. Input (masukan yang diberikan secara internal)
  2. Output (keluaran/tampilan yang dihasilkan)
  3. Definite (menyatakan apa yang dilakukan)
  4. Effective (instuksi yang dilakukan secara manual, dengan jumlah waktu yang berhingga)
  5. Terminate (berhenti setelah sejumlah operasi)

  • Jenis-Jenis Algoritma
Beberapa paradigma yang digunakan untuk menyusun Algoritma :

  1. Divide and Conquer, merupakan paradigma untuk membagi suatu permasalahan yang besar menjadi permasalahan-permasalahan yang kecil. Pembagian masalah ini dilakukan secara terus-menerus sampai ditemukan bagian masalah yang kecil dan mudah untuk dipecahkan. 
  2. Dynamic programming, paradigma pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih. 
  3. Metode serakah, merupakan paradigma yang mirip dengan pemrograman dinamik, namun jawaban dari setiap submasalah tidak perlu diketahui dari setiap tahap, dan menggunakan pilihan apa yang terbaik pada saat itu. 
  4. Search and enumeration, merupakan paradigma pemodelan yang memberikan aturan tertentu dalam pemecahan masalah dan optimalisasi. 

  • Modul Algoritma
Klik Link Here 



DAFTAR PUSTAKA


Cormen, Thomas H. (1989).” Introduction to Algorithms”. The MIT Press.

 Suarga. 2012. Algoritma dan Pemrograman. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi. Tim Penyusun. 2005.
         Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

 Nugroho, Andi. 2011. Algoritma dan Struktur Data Menggunakan Bahasa Pemrograman C++.
         Yogyakarta: Penerbit ANDI.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Pages